Bertepatan Dengan Peringatan Hardiknas, Siswa SMK Negeri 4 Bandung Borong Kejuaraan Widyatama Informatics Festival

Posted: July 30, 2011 in Uncategorized, unforgetable story

BANDUNG, Medikom- Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Senin 2 Mei 2011 lalu, digelar upacara hardiknas di halaman sekolah SMKN 4 Bandung, yang dipimpin langsung oleh kepala sekolahnya Endang Rukman, S.Pd, M.Si, sedangkan pelaksana upacara perwakilan siswa serta peserta upacara seluruh siswa dan para guru serta karyawan dan pengurus komite sekolah.

Pada kesempatan itu, Endang Rukman selaku Pembina upacara dalam pengarahannya mengatakan kalau dirinya merasa bangga dengan apa yang sudah dilakukan siswanya dalam mempersiapkan kegiatan upacara walau dimulai pagi hari, namun dengan disiplin dan rasa tanggungjawab dari peserta didik mereka tepat waktu. Untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dari seluruh keluarga besar SMKN 4 Bandung.

Bersamaan itu pula, Endang pun membacakan sambutan mendiknas Muhamad Nuh berkaitan dengan peringatan hardiknas seperti yang dikutip beberapa bait seperti berikut ini; Kita semua telah memahami, bahwa dalam dunia pendidikan itu, manusia sebagai pemeran utamanya, baik sebagai subjek sekaligus objek. Keilmuan sebagai medianya, memanusiakan manusia sebagai salah satu tujuannya dan kemampuan untuk menjawab berbagai persoalan yang sifatnya kekinian maupun antisipasi masa depan (kenantian) sebagai keniscayaannya. Itulah sebabnya mengapa dunia pendidikan itu kompleks, menantang namun sangat mulia. Kompleksitas dan tantangan terus berkembang seiring dengan perjalanan jaman.

Dalam kesempatan ini pula, kami menyampaikan selamat Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2011, semoga pendidikan kita semakin berkualitas dan semakin terbuka aksesnya bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan. Disinilah mengapa pendidikan berbasis karakter dengan segala dimensi dan variasinya menjadi penting dan mutlak. Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya karakter berbasis kemuliaan diri semata, akan tetapi secara bersamaan membangun karakter kemulian sebagai bangsa.

Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya kesantunan, tetapi secara bersamaan kita bangun karakter yang mampu menumbuhkan kepenasaran intelektual sebagai modal untuk membangun kreatifitas dan daya inovasi. Karakter yang bertumpu pada kecintaan terhadap bangsa dan negara dengan Pancasila, UUD NKRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan negara kesatua republik Indonesia (NKRI) sebagai pilarnya. Itulah alasan mengapa tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2011 ini adalah Pendidikan Karakter sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa dengan sub tema Raih prestasi Junjung tinggi Budi Pekerti.

Dengan tema peringatan tersebut, kita tidak ingin peringatan Hari Pendidikan Nasional 2011 hanya sebagai seremoni biasa, tetapi kita ingin wujudkan dalam kegiatan nyata. Insya Allah mulai tahun ajaran 2011/2012, pendidikan berbasis karakter kita jadikan sebagai gerakan nasional, mulai dari Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan perguruan tinggi, termasuk didalamnya pendidikan non formal dan in formal. Bersamaan dengan gerakan pendidikan berbasis karakter, sekaligus kita siapkan generasi Indonesia 2045 yaitu pada saat menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka. Dan itu harus kita mulai dengan memberikan perhatian khusus pada Pendidikan Anak Usia Dini. Merekalah, nantinya yang akan melanjutkan pembangunan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Demikian mendiknas Mohammad Nuh dalam sambutan tertulisnya.

Sehabis pelaksanaan upacara Hardiknas dilakukan acara seremoni pemberian hadiah kepada para siswa SMKN 4 Badung yang telah berhasil mendominasi kejuaraan Widyatama Information Festival, yakni juara 1 Network Security/Hacking yang diraih oleh Willy Muhammad Rizal siswa kelas XI K. Juara 1 Programming Contest diraih oleh Rizky Sofyan kelas XIII D. untuk juara 3 nya di raih oleh Ridwan, Tekun dan Eka masing kelas XI N dan XI L. Sedangkan untuk kejuaraan Animasi juara 1 diraih oleh Fachrul -> (saya sendiri) kelas XI N.

Selain itu, untuk kejuaraan bidang karya tulis juara 1, juara 2 dan juara 3 diborong oleh siswa SMKN 4 juga, masing-masing oleh Anisa Dwi Nasri , Alwi (XIII D) juara 1, Adthia H. Pertiwi (XI M) dan Anisa Rohim (X L) meraih juara ke 2. Dan untuk juara 3 nya oleh Sofyan dan Regi keduanya kelas XII J. Mereka para juara mendapatkan hadiah berupa uang Rp 1.500.000 untuk juara 1, Rp 750.000 bagi juara ke2 dan 3 Rp 500.000 untuk juara ke 3, disamping itu mereka mendapatkan pula bea siswa, trophy dan hadiah-hadiah lainnya. Endang Rukman dengan terharu memberikan hadiah tersebut kepada mereka yang telah berhasil meraih prestasi.

*source : http://smkn4bandung.sch.id/

Comments
  1. Faust says:

    Promosi atas nama sekolah atau sendiri crul?wkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s